Sabtu, 16 Juli 2011

ANTARA KOMITMEN, KONSISTEN, DAN KONSEKUEN

Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen, rangkaian kata yang sering kita dengar bahkan mungkin sering kita ucapkan. Perbedaan dari setiap kata gak berbeda jauh. Kadang kala kita pasti akan bingung dalam membedakan penggunaan setiap kata ini.

KOMITMEN
Menurut KBBI Komitmen berarti : perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak: perkumpulan mahasiswa seharusnya mempunyai -- thd perjuangan reformasi.

Sedangkan menurut Rizal Panggabean,
Pengertian KOMITMEN:
· Pembuatan komitmen adalah proses atau mekanisme yang lumrah terjadi dalam hidup kita.
· Komitmen adalah langkah atau tindakan yang Anda ambil untuk menopang suatu pilihan tindakan tertentu, sehingga pilihan tindakan itu dapat kita jalankan dengan mantap dan sepenuh hati.

Contoh:
1. Dede memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Universitas ternama di luar negeri. Kemudian, ia mengambil beberapa tindakan seperti (1) rajin belajar untuk menghadapi Ujian, (2) mencari informasi tentang universitas yang ingin di tuju, dan (3) mempersiapkan segala sesuatu yagn akan di bawa. Tindakan 1, 2,dan 3 adalah tindakan yang diambil untuk menopang pilihan tindakan, yaitu Melanjutkan uliah. Dengan demikian, tindakan 1, 2, dan 3 adalah KOMITMEN.

KONSISTEN
Menurut KBBI Konsistens berarti: tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya–dng ucapan

Jadi jika kita uraikan, Konsisten dapat berarti sifat yang selalu memegang teguh pada prinsip yang telah di canangkan dalam diri seseorang.

KONSEKUEN
Menurut KBBI konsekuen berarti : sesuai dng apa yg telah dikatakan atau diperbuat; berwatak teguh, tidak menyimpang dr apa yg sudah diputuskan.

Hal ini berarti Konsekuen merupkan tindakan atau ucapan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Walaupun terkadang mudah untuk diucapkan, ketiga perbuatan diatas sangat sulit untuk dipahami dan dilaksanakan. Karena sikap/perbuatan itu menyangkut prinsip hidup seseorang

Tidak ada komentar: